Mengandalkan Tuhan

“Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya:” Mazmur 146:5

Hari-hari ini banyak orang menyerbu toko-toko buku untuk membeli buku agenda baru dan juga kalender baru tahun 2013, karena hanya dalam hitungan jam tahun 2012 akan kita tinggalkan. Dengan memiliki buku agenda baru kita berharap segala yang kita kerjakan di hari esok akan ter-planning dengan baik. Bahkan segala harapan baru sudah menari-nari di pikiran. Namun Alkitab menasihati, “Janganlah memuji diri karena esok hari, karena engkau tidak tahu apa yang akan terjadi hari itu.” (Amsal 27:1). Boleh saja punya setumpuk rencana dan harapan asalkan kita senantiasa melibatkan Tuhan, sebab “Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita…” (Ulangan 29:29). Menghadapi hari esok yang tidak tahu akan seperti apa, tidak ada jalan lain selain menaruh harapan kepada Tuhan dan mengandalkan Dia dalam segala hal.

Orang yang mengandalkan Tuhan berarti menyadarkan dan mempercayakan hidupnya kepada Tuhan. “Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!” (Yeremia 17:7), hatinya selalu melekat kepada Tuhan. Orang yang senantiasa mengandalkan Tuhan pasti akan diberkati, disertai dan dilindungi Tuhan. Hidupnya senantiasa berada dalam pengawasan mata Tuhan. Jadi ia tidak perlu takut akan datangnya musim kering. Ia diibaratkan seperti pohon yang ditanam ditepi air, di mana akar-akarnya merambat ke batang air. Daun-daunnya akan tetap hijau dan senantiasa menghasilkan buah lebat dan rasanya manis.

Air berbicara tentang firman Tuhan, dan firman itu adalah Tuhan Yesus sendiri; Dia juga adalah Sumber Air Hidup itu. Dikatakan, “…barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” (Yohanes 4:14). Inilah janji Tuhan kepada setiap orang yang melekat kepadaNya: “…maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.” (Mazmur 91:14).

Mengandalkan Tuhan adalah kunci kemenangan orang percaya Menghadapi hari esok!