Nama Di Atas Segala Nama

Filipi 2: 9-10 “Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi.” Kita memiliki nama Allah di atas segala nama yaitu Yesus Kristus. Allah telah mengaruniakan nama tersebut kepada Yesus, karena Dia memiliki ketaatan yang rela mati di atas kayu salib untuk menyelamatkan manusia. Tidak dapat kita bandingkan nama siapapun yang kita tahu, yang kita kenal dan yang sering kita sebut untuk disamakan dengan nama Dia. Sebab nama yang diberikan kepada-Nya adalah nama di atas segala nama, nama yang berkuasa dan nama yang mulia. Di dalam dunia ini ada begitu banyak nama, baik itu nama-nama orang besar atau orang-orang yang hebat, bahkan kita bangga untuk menyebutkan nama tersebut, karena kita mengenalnya. Namun tidak ada yang terkandung kuasa dalam nama-nama yang mereka percayai itu. Tetapi di dalam nama Yesus terkandung sesuatu yang luar biasa dan istimewa. Yang menjadi misi utama-Nya datang ke dalam dunia ini adalah: menyelamatkan umat manusia dari ikatan dosa dan hal ini tidak dapat kita temui dalam nama siapapun dalam dunia ini selain dalam nama Yesus Kristus.

Keselamatan ada hubunganya dengan surga dimana keselamatan itu kita dapat hanya di dalam nama Yesus. Bagi kita yang percaya kepada nama tersebut sekali kelak dalam kerinduan kita adalah masuk dalam kerajaan yang kekal. Rasul Paulus menekankan dengan penuh urapan yang dari Roh-Kudus kepada jemaat yang ada di Filipi, bahwa satu kelak setiap lutut akan bertelut dan segala lidah akan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan, Roma 10: 13 “Sebab, barang siapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.” Oleh sebab itu dengan penuh keyakinan kita harus selalu menyebut nama Yesus di dalam kehidupan kita, sebab nama Yesus dapat menyembuhkan dan memberikan penghiburan bagi setiap orang yang susah. Matius 1:21 “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Satu berita dari malaikat yang datang menemui Maria dan Yusuf secara khusus dan malaikat itu berkata “jangan takut” kepada Maria, sebab dia mengandung dari Roh-Kudus. Nama Yesus diberikan oleh Allah sendiri bukan pemberian manusia. Ada sesuatu yang terkandung dalam nama Yesus yaitu: satu kuasa dan kekuatan yang sanggup untuk menyelamatkan manusia.

Lukas 2:10-11 “Lalu kata malaikat itu kepada mereka: “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: hari ini telah lahir bagimu Juruslamat, yaitu Kristus, Tuhan di kota Daud”. Malaikat mendapat berita dari Allah dan berita itu disampaikan kepada Maria dan Yusuf. Yohanes 1:29 “Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” Yohanes 3:17 “Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkanya oleh Dia.” Tujuan atau misi utama dari Yesus datang ke dunia ini hanya untuk menyelamatkan manusia. Mengapa manusia harus diselamatkan? Karena manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri. Roma 6:23 “Sebab upah dosa adalah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Hasil dari dosa adalah maut atau kebinasaan, tetapi Allah yang ada di dalam surga adalah Allah yang penuh kasih. 2 Petrus 3:9 “Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat”. Surga itu disediakan bagi kita yang percaya kepada-Nya. Dosa yang besar adalah tidak percaya kepada Yesus, untuk itulah Dia datang ke dalam dunia ini agar semua orang berbalik dan bertobat dengan menerima dan mengakui Yesus sebagai Juruselamat. Kisah Para Rasul 4:12 “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang oleh-Nya kita dapat diselamatkan.” Dia tidak sama dengan manusia, nama Yesus mempunyai suatu pengertian yang begitu kuat yang menyatakan bahwa Dia sungguh berbeda dengan manusia. Dia memiliki kuasa yang sangat besar dan kuasa yang dimiliki Yesus melebihi kuasa yang ada di dalam dunia. Kita tidak pernah melihat dan bertemu dengan Yesus, namun lewat iman percaya, kita meyakini bahwa Dia ada bersama-sama dengan kita. Yesaya 40:18 “Jadi dengan siapa hendak kamu samakan Allah, dan apa yang dapat kamu anggap serupa dengan Dia?” Yesaya 43:11-12 “Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada juruselamat selain dari pada-KU. Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-KU,” demikianlah firman Tuhan, “dan Akulah Allah.” Pengakuan dan pernyataan dari Tuhan sendiri, Yesus datang ke dunia bukan karena Dia melihat banyak orang yang sakit lumpuh, buta atau susah dalam dunia, tapi yang terutama membuat Dia datang ke dalam dunia hanya untuk menyelamatkan semua manusia.

Ketika orang datang meminta kesembuhan kepada Yesus di sana bukan kesembuhan itu yang diutamakan Yesus, namun keselamatan jiwanya, sehingga lewat keselamatan jiwanya dengan percaya, maka dia akan mendapatkan kesembuhan. Nama Yesuslah yang harus kita beritakan ke seluruh dunia, sebab hanya nama Yesuslah yang dapat menyelamatkan. Ketika Petrus pertama kali bangkit setelah mereka dipenuhkan dengan Kuasa Roh-Kudus mereka mendemonstrasikan nama Yesus kepada orang yang lumpuh, Kisah Para Rasul 3:5-7 “Lalu orang itu menatap mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka. Tetapi Petrus berkata: “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus orang Nazaret itu, berjalanlah! Lalu ia memegang tangan kanan orang itu dan membantu dia berdiri. Seketika itu juga kuatlah kaki dan mata kaki orang itu.” Ketika kita mengalami sakit dan jika kita berdoa dalam nama Yesus, maka yang harus kita percayai adalah ada kekuatan dan kuasa kesembuhan dari nama Yesus.

Dalam menjelang tahun yang baru kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi, namun biarlah kiranya kita tetap memiliki keyakinan teguh bahwa Tuhan akan memberikan pertolongan, 1 Samuel 17:45 “Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama Tuhan semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kau tantang itu.” Jika kita percaya sungguh-sungguh kepada nama Yesus, maka di sana akan ada pembebasan dan keselamatan, Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-NYA yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” Yesaya 9:5 “Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada diatas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai.” Apapun yang menjadi persoalan kita hari-hari ini datanglah kepada Tuhan kita Yesus Kristus, sebab Dia sanggup untuk memberikan pertolongan dan damai sejahtera. AMIN